Keterampilan membaca
1. Pengertian keterampilan membaca
Membaca
merupakan melihat sambil mengucapkan lambang bunyi dengan tujuan ingin
mengetahui isi dan memperoleh pesan yang disampaikan oleh seorang penulis
melalui tulisan.
2. Keterampilan membaca sebagai proses dan hasil
- Membaca sebagai
suatu proses merupakan semua kegiatan dan tekhnik yang ditempuh oleh pembaca
yang mengarah pada tujuan melalui tahap-tahap tertentu. Proses tersebut
dapat berupa penyandian kembali dan penafsiran sandi. Kegiatannya dimulai
dari mengenali huruf, kata, ungkapan, frasa, kalimat dan wacana, serta menghubungkannya dengan
bunyi dan maknanya.
- Membaca sebagai
hasil, berupa dicapainya komunikasi pikiran dan perasaan penulis dengan
pembaca. Komunikasi itu terjadi karena terdapat kesamaan pengetahuan dan
asumsi antara pembaca dan penulis. Komunikasi yang terjadi bergantung pada
pemahaman yang dirasakannya melalui semua proses membaca.
3. Jenis
membaca
·
Membaca
tekhnik, pengajaran membaca tekhnik ini mencakup dua hal, yaitu pengajaran
membaca dan pengajaran membacakan. Pengajaran
membaca yang dimaksud adalah aktivitas tersebut untuk keperluan siswa itu
sendiri dan untuk pihak lain, misalnya guru atau kawan-kawan lainnya. Pengajaran membacakan yaitu si pembaca
melakukan aktivitas tersebut lebih banyak ditujukan kepada orang lain.
·
Membaca dalam
hati, merupakan kegiatan membaca bagi orang yang telah dewasa. Rata-rata,
apabila orang sudah meninggalkan bangku sekolah, kebiasaan membaca yang mereka
lakukan bukan lagi membaca nyaring atau membaca bersuara tetapi jenis membaca
dalam hati.
·
Membaca bahasa,
mempunyai kesamaan dengan membaca dalam hati, dalam hal tidak bersuaranya
sewaktu aktivitas membaca itu dilaksanakan. Pelajaran ini sudah dapat diberikan
di kelas 3 Sekolah Dasar.
·
Membaca
pustaka, memiliki kegunaan untuk menambah informasi beberapa bidang ilmu pengetahuan
yang tidak mereka peroleh di bangku sekolah, mengembangkan wawasan anak- anak,
atau memberi selingan kepada anak- anak dari bacaan- bacaan yang berat
menikmati keindahan bacaan (kesusastraan), dan sebagainya. Membaca pustaka ini
tempatnya lebih longgar, maksudnya tidak harus di ruang kelas namun dapat di
perpustakaan dapat pula di rumah.
·
Membaca
cepat, yaitu jenis membaca yang diberikan di sekolah dasar dengan tujuan agar
para siswa dalam waktu yang singkat dapat membaca secara lancar, serta dapat memahami
isinya. Yang perlu mendapat perhatian dari guru ialah:
1.
Lingkungan
kelas hendaknya tenang.
2.
Latihan
memperoleh deretan kata secara maksimal harus selalu diusahakan.
3.
Tidak adanya
suara waktu kegiatan itu berlangsung.
4.
Siswa dilatih
mencari atau menemukan inti paragrap atau bacaan.
·
Membaca indah
atau estetika, jenis membaca yang bertujuan agar siswa dapat memperoleh suatu
keindahan dari bacaan. Ketepatan melafalkan kata, ketepatan jeda, ketepatan
mengintonasikan kalimat berita, kalimat tanya, dan jenis- jenis kalimat lainnya
menjadi perhatian utama jenis membaca ini. Bahan pelajarannya yaitu pada
umumnya bahan kesusastraan seperti puisi, prosa lirik, prosa, drama, komik, dan
sebagainya.
4. Jenis
kegiatan membaca
·
Membaca
petunjuk, berita, dialog, iklan, dan pidato
a) Membaca petunjuk, biasanya berisi tentang
bagaimana sesuatu harus dilakukan atau dijalankan. Sesuatu tersebut dapat
berupa prosedur, dapat pula berupa pilihan dari suatu penyelesaian persoalan
misalnya pembuatan kue, anyaman, penggunaan obat- obatan, dan lain- lain.
b) Membaca berita, biasanya berisi tentang informasi
yang mencakup peristiwa apa yang terjadi, siapa saja yang terlibat, di mana
peristiwa itu terjadi, kapan waktu terjadinya peristiwa itu dan bagaimana atau
mengapa peristiwa itu terjadi.
c) Membaca dialog, memperoleh informasi lewat
percakapan.
d) Membaca iklan, biasanya berusaha mempengaruhi
pembaca atau pendengar yang tujuannya agar pembaca atau pendengar tersebut
mengikuti atau melakukan sesuai dengan yang dikehendakinya.
e) Membaca pidato, merupakan kegiatan lisan meski
kadang- kadang dilakukan dengan membaca teks yang telah dipersiapkan sebelumnya
·
Membaca kara
ilmiah populer berbagai bidang
a) Membaca karya ilmiah bidang seni
b) Membaca karya ilmiah bidang IPS
c) Membaca karya ilmiah bidang PKN
d) Membaca karya ilmiah bidang Orkes
5. Manfaat membaca
·
Kegiatan
membaca dapat membantu memecahkan masalah
·
Dapat
memperkuat suatu keyakinan/ kepercayaan pembaca
·
Sebagai suatu
pelatihan
·
Memberi
pengalaman estetis
·
Meningkatkan
prestasi
·
Memperluas
pengetahuan
Komentar
Posting Komentar