Keterampilan membaca



1.      Pengertian keterampilan membaca

Membaca merupakan melihat sambil mengucapkan lambang bunyi dengan tujuan ingin mengetahui isi dan memperoleh pesan yang disampaikan oleh seorang penulis melalui tulisan.

2.      Keterampilan membaca sebagai proses dan hasil

  • Membaca sebagai suatu proses merupakan semua kegiatan dan tekhnik yang ditempuh oleh pembaca yang mengarah pada tujuan melalui tahap-tahap tertentu. Proses tersebut dapat berupa penyandian kembali dan penafsiran sandi. Kegiatannya dimulai dari mengenali huruf, kata, ungkapan, frasa, kalimat dan  wacana, serta menghubungkannya dengan bunyi dan maknanya.
  • Membaca sebagai hasil, berupa dicapainya komunikasi pikiran dan perasaan penulis dengan pembaca. Komunikasi itu terjadi karena terdapat kesamaan pengetahuan dan asumsi antara pembaca dan penulis. Komunikasi yang terjadi bergantung pada pemahaman yang dirasakannya melalui semua proses membaca.

3.   Jenis membaca
·         Membaca tekhnik, pengajaran membaca tekhnik ini mencakup dua hal, yaitu pengajaran membaca dan pengajaran membacakan. Pengajaran membaca yang dimaksud adalah aktivitas tersebut untuk keperluan siswa itu sendiri dan untuk pihak lain, misalnya guru atau kawan-kawan lainnya. Pengajaran membacakan yaitu si pembaca melakukan aktivitas tersebut lebih banyak ditujukan kepada orang lain.
·         Membaca dalam hati, merupakan kegiatan membaca bagi orang yang telah dewasa. Rata-rata, apabila orang sudah meninggalkan bangku sekolah, kebiasaan membaca yang mereka lakukan bukan lagi membaca nyaring atau membaca bersuara tetapi jenis membaca dalam hati.
·         Membaca bahasa, mempunyai kesamaan dengan membaca dalam hati, dalam hal tidak bersuaranya sewaktu aktivitas membaca itu dilaksanakan. Pelajaran ini sudah dapat diberikan di kelas 3 Sekolah Dasar.
·         Membaca pustaka, memiliki kegunaan untuk menambah informasi beberapa bidang ilmu pengetahuan yang tidak mereka peroleh di bangku sekolah, mengembangkan wawasan anak- anak, atau memberi selingan kepada anak- anak dari bacaan- bacaan yang berat menikmati keindahan bacaan (kesusastraan), dan sebagainya. Membaca pustaka ini tempatnya lebih longgar, maksudnya tidak harus di ruang kelas namun dapat di perpustakaan dapat pula di rumah.
·         Membaca cepat, yaitu jenis membaca yang diberikan di sekolah dasar dengan tujuan agar para siswa dalam waktu yang singkat dapat membaca secara lancar, serta dapat memahami isinya. Yang perlu mendapat perhatian dari guru ialah:

1.            Lingkungan kelas hendaknya tenang.
2.            Latihan memperoleh deretan kata secara maksimal harus selalu diusahakan.
3.            Tidak adanya suara waktu kegiatan itu berlangsung.
4.            Siswa dilatih mencari atau menemukan inti paragrap atau bacaan.
·         Membaca indah atau estetika, jenis membaca yang bertujuan agar siswa dapat memperoleh suatu keindahan dari bacaan. Ketepatan melafalkan kata, ketepatan jeda, ketepatan mengintonasikan kalimat berita, kalimat tanya, dan jenis- jenis kalimat lainnya menjadi perhatian utama jenis membaca ini. Bahan pelajarannya yaitu pada umumnya bahan kesusastraan seperti puisi, prosa lirik, prosa, drama, komik, dan sebagainya.

4.   Jenis kegiatan membaca
·         Membaca petunjuk, berita, dialog, iklan, dan pidato
a)      Membaca petunjuk, biasanya berisi tentang bagaimana sesuatu harus dilakukan atau dijalankan. Sesuatu tersebut dapat berupa prosedur, dapat pula berupa pilihan dari suatu penyelesaian persoalan misalnya pembuatan kue, anyaman, penggunaan obat- obatan, dan lain- lain.
b)      Membaca berita, biasanya berisi tentang informasi yang mencakup peristiwa apa yang terjadi, siapa saja yang terlibat, di mana peristiwa itu terjadi, kapan waktu terjadinya peristiwa itu dan bagaimana atau mengapa peristiwa itu terjadi.
c)      Membaca dialog, memperoleh informasi lewat percakapan.
d)     Membaca iklan, biasanya berusaha mempengaruhi pembaca atau pendengar yang tujuannya agar pembaca atau pendengar tersebut mengikuti atau melakukan sesuai dengan yang dikehendakinya.
e)      Membaca pidato, merupakan kegiatan lisan meski kadang- kadang dilakukan dengan membaca teks yang telah dipersiapkan sebelumnya
·         Membaca kara ilmiah populer berbagai bidang
a)      Membaca karya ilmiah bidang seni
b)      Membaca karya ilmiah bidang IPS
c)      Membaca karya ilmiah bidang PKN
d)     Membaca karya ilmiah bidang Orkes

5.      Manfaat membaca

·         Kegiatan membaca dapat membantu memecahkan masalah
·         Dapat memperkuat suatu keyakinan/ kepercayaan pembaca
·         Sebagai suatu pelatihan
·         Memberi pengalaman estetis
·         Meningkatkan prestasi
·         Memperluas pengetahuan  






Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH "ADIL" KASMA SILA (Contoh)

Kerjasama di lingkungan Rumah, sekolah dan kelurahan